Kamis, 14 Maret 2013

Harga Bawang Putih Mulai Turun, Cabai Merangkak Naik

Ilustrasi. (Foto: Okezone)
MALANG - Harga bawang putih di beberapa pasar tradisional di Malang, Jawa timur mulai turun. Pantauan Okezone, harga bawang putih saat ini turun di kisaran Rp65 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram (kg).

Sebelumnya, harga bawang putih menempati harga tertinggi hingga Rp85 ribu per kilogramnya pada Rabu kemarin. Meski masih tergolong mahal, turunnya harga bawang putih ini juga diiiringi dengan naiknya harga cabai merah kecil atau cabai rawit yang mencapai Rp38 ribu per kg, harga cabai rawit pada sepekan sebelumnya hanya Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per kg.

Sedangkan harga bawang merah masih tetap berada di kisaran Rp45 ribu sampai Rp50 ribu per kg dari sebelumnya yang berada di kisaran Rp20 ribu. Salah satu pedagang di Pasar Besar Malang, Suherna, menyebutkan, harga bawang putih mulai turun karena stok di Pasar Induk Gadang sudah mulai tersedia.

“Kemarin-kemarin kosong stoknya," ujar Suherna, Kamis (14/03/2013).

Beberapa pedagang sayur di pasar berharap harga bawang putih terus turun hingga batas normal sehingga para pembeli kembali banyak. Suparni, salah satunya, salah satu pedagang sayur eceran mengaku pembelinya hanya membeli bawang per biji sehingga omsetnya turun drastis. Ia juga berharap komoditas lainnya seperti bawang merah dan cabe rawit tidak semakin naik harganya seperti harga bawang putih. (wdi)


http://economy.okezone.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar