Minggu, 10 Maret 2013

Stok Beras Bulog Sampai Juni 2013




PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Perum Bulog Subdivre IV Banyumas menyatakan kesiapannya menyalurkan beras untuk keluarga miskin (raskin). Apalagi stok beras yang tersedia di gudang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Juni 2013.
"Kami siap melayani pendistribusian beras kepada masyarakat. Cuman, persoalannya sekarang Pemkab masih menunggu daftar nama penerima raskin dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), sehingga raskin belum bisa didistribusikan," terang Kepala Humas Perum Bulog Subdivre IV Banyumas M Priyono.
Menurutnya, persediaan di gudang bulog saat ini mencapai sekitar 35 ribu ton beras. Persediaan itu sangat mencukupi untuk penyaluran sampai enam bulan kedepan. "Malah kalau melihat pagu raskin tahun ini yang turun sekitar 16%, stok beras di Bulog lebih dari cukup," terangnya.
Priono menambahkan, stok setara beras di gudang bakal bertambah banyak lantaran pada Maret tahun ini sejumlah wilayah di Eks Karesidenan Banyumas memasuki masa panen padi.
"Pada bulan itu kami akan menyerap setara beras kepada petani melalui kelompok tani dan para mitra kerja bulog," katanya.
Sementara itu, penyaluran beras untuk keluarga miskin (raskin) di Kabupaten Banyumas pada awal tahun ini dipastikan molor. Biasanya didistribusikan pekan pertama, namun hingga pekan kedua belum juga disalurkan.
Padahal, raskin sangat dibutuhkan para rumah tangga penerima menyusul harga beras di sejumlah pasar tradisional saat ini semakin melonjak. Harga beras konsumsi masyarakat kualitas medium saat ini telah menembus Rp 8.000/kg -
Rp 8.500/kg.
Warga Desa Karanglewas Kidul, Kecamatan Karanglewas Sinta (25), mengharapkan Pemkab segera melangkah untuk menekan harga beras di pasaran yang kian naik. "Percepatan penyaluran raskin sangat dibutuhkan untuk menambah persediaan beras di masyarakat," ujarnya.


http://www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar