Sabtu, 23 Februari 2013

Fluktuasi Harga Daging Ayam


LEBAK, BANTEN - Sudah hampir sebulan, daging ayam mengalami naik dan turun harga. Berdasarkan informasi dari kelompok pedagang unggas di Pasar Maja Kabupaten Lebak Banten dalam dua hari terakhir ini tiga jenis daging ayam mengalami kenaikan, menurut Umamah (32) harga ayam potong hidup saat ini pada level Rp. 25.000/kg, sementara yang sudah dalam potongan daging mencapai Rp. 30.000/kg. 


Adapun harga ayam petelur atau ayam merah mencapai level Rp. 35.000/kg. Harga tersebut masih dianggap wajar bagi bagi masyarakat kecamatan Maja. "Penurun dan kenaikan harga ayam hingga saat ini masih bergantug dari permintaan pesanan (DO). Semakin banyak jumlah pesanan, dapat mengurangi kenaikan tersebut, namun juga semakin banyak stok di perusahaan peternakan kadang harga ayam juga malah turun" demikian tukasnya. 

Kenaikan harga daging ayam saat ini berkisar antara Rp.300/kg hingga Rp.2000/kg yang begitu cepat, membuat pedagang sedapat mungkin meratakan harga, bahkan ada yang enggan langsung menaikan dan menurunkan harga penjualan yang kerap membuat pelanggan kabur. 

Fluktuasi harga daging unggas di Pasar Maja sebenarnya jarang diketahui pembeli, karena bagi pedagang yang sudah mempunyai pelanggan tetap, tidak akan menjual dengan harga yang variatif. 

Selama ini, para pembeli daging ayam di Pasar Maja masih dari kalangan konsumen rumah tangga sehingga tingkat permintaannya masih relatif datar. Meskipun ada sebagian pembeli yang kadang-kadang menghabiskan stok ayam sekaligus untuk kebutuhan pesta.
sumber : kemendag.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar